Pada era globalisasi, dunia bisnis saat ini telah berkembang tanpa
batas, sehingga mampu menerobos berbagai dimensi kehidupan dan perilaku
perekonomian manusia menjadi banking minded. Dalam realitanya, terbukti bahwa perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan yang merupakan lembaga intermediary
dalam menjembatani antara penabung dan pengkredit. Hal inilah yang
mengilhami saya untuk mengenal dunia perbankan secara umum dan menjadi
nasabah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, yakni Bank Central
Asia (BCA).
Saat berada di bangku kuliah di daerah Malang – Jawa Timur, tepatnya
pada tahun 1999 atau dua belas tahun yang lalu saya mengenal Bank
Central Asia (BCA) atau kemudahan transaksi dapat diketahui lebih lanjut
di www.bca.co.id. Pada awalnya,
orang tua mengirim uang saku sekolah dengan menggunakan wesel atau
dititipkan kepada tetangga yang kebetulan sekolah satu kota dengan saya.
Hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai pada alamat
kontrakan saya di Malang-Jawa Timur.
Manakala saya menjadi nasabah BCA, orang tua saya cukup mentransfer
sejumlah uang yang saya butuhkan untuk kuliah di Malang – Jawa Timur.
Dengan menjadi nasabah BCA, kemudahan yang saya dapat adalah saya tidak
harus pulang ke kampung halaman (Pati – Jawa Tengah) untuk meminta uang
orang tua sebagai bekal saya kuliah. Dibutuhkan waktu delapan jam dari
tempat kuliah ke kampung halaman hanya sekedar untuk meminta uang kepada
orang tua saya. Namun, dengan menjadi nasabah di BCA kesulitan
pengiriman orang tua saya dapat teratasi dengan mudah.
Awalnya saya sempat tergoda juga dengan tawaran-tawaran dari brosur
bank lain yang diklankan di koran-koran, majalah-majalah, maupun di
media televisi. Namun, keinginan itu saya pasung untuk tetap konsisten
menjadi nasabah BCA. Bagi saya, BCA merupakan bank besar pasti akan
dapat exist di dunia perbankan meskipun beberapa bank ada yang
dilikuidasi akibat krisis moneter yang melanda Indonesia kala itu.
Hingga saat ini, meskipun saya berada jauh dari kampung halaman dengan
bekerja menjadi guru di pelosok Kalimantan Timur, saya tetap menjadi
nasabah BCA.
Kemudahan transaksi yang diberikan BCA kepada saya merupakan anugerah
yang luar biasa. sebagai salah satu nasabahnya, saya tidak harus
repot-repot membeli tiket pesawat di travel agen ketika ingin pulang ke
kampung halaman, cukup dengan satu kali klik di www.klikbca.com.
tiket pesawat yang diinginkan semua ada, mulai pesawat Batavia Air,
Garuda, Air Asia, Lion air, Merpati, Sriwijaya Air, dan penerbangan yang
lainnya.
Di samping masalah penerbangan, saya juga merasakan kemudahan
transaksi melalui BCA apabila membeli barang elektronik secara online.
Misalnya saya membeli barang di Bhineka.com, Okeshop, Nokiando,
Nexiando, Dealhp.Com, Indo-Berry, Bali Notebook, erafone, gallery
elektronik, es-store.com (solusi elektronik, dan masih banyak lagi
took-toko online yang bekerja sama dengan BCA. Saya cukup satu kali klik
di www.klikbca.com untuk bertransaksi dengan salah satu toko online elektronik itu.
Kemudahan transaksi lain yang diberikan BCA kepada saya masih banyak
lagi. Misalnya, apabila saya ingin berbelanja di took-toko maupun di
mall-mall yang ada logonya BCA, maka hanya satu kali gesek dan tidak
perlu membawa uang tunai. Suatu ketika saya berbelanja buku di salah
satu took buku yang tertera di atasnya logo BCA, maka saya cukup
menggesek ATM BCA saya tanpa harus membayar dengan uang tunai.
Kemudahan transaksi lainnya yang diberikan oleh BCA, tidak hanya
untuk berbelanja secara online maupun offline tetapi BCA juga memberikan
kemudahan transaksi untuk mengurus kartu kredit, telepon, pembelian
pulsa handphone untuk semua operator selluler, internet, asuransi,
pinjaman, pembayaran pajak, pembayaran Listrik/PLN, Air/PAM,
Pendidikan, dan Lainnya.
Mudah-mudahan ini adalah salah satu wujud komitmen BCA dalam
menyediakan layanan semakin memberikan kemudahan kepada para nasabahnya.
Kemudahan transaksi itu merupakan kebutuhan dan penggunaan pelanggan
sekaligus menunjukkan konsistensi BCA dalam menghadirkan program-program
marketing dan promosi yang mampu memberikan manfaat kepada pelanggan.
Amin…