Menulis laporan pada dasarnya adalah
menulis hasil akhir dari suatu kegiatan, baik kegiatan ilmiah maupun kegiatan
rutinitas kantor. Laporan yang ditulis harus memuat informasi sedetail mungkin,
sehingga pembaca mengetahui kemampuan penulis laporan dalam menuliskan
laporannya.
Suatu laporan yang ditulis oleh penulis
laporan tentang objek seharusnya ditulis selengkap mungkin agar dapat
diperlolah informasi yang lengkap pula. Untuk itu, jika kita ingin menulis
laporan, kita harus mengetahui terlebih dahulu laporan apa yang akan kita
tulis. Karena, menulis laporan itu bergantung pada kebutuhan, sehingga antara satu dengan laporan yang lainnya
berbeda-beda dan bervariasi. Misalnya laporan yang dibedakan berdasarkan tujuan
penulisnnya, yaitu; kertas kerja, artikel, skripsi (tugas akhir kuliah), dan
laporan.
Di dunia kerja, baik di instanti
pemerintah maupun instansi perusahaan, menulis laporan memgang kendali penting
dalam laju organisasi. Menulsi laporan instansi ada yang butuh waktu tertentu
dan ada juga penulisan laporan membutuhan orang ahli. Misalnya perusahaan
tambang batu bara “X” ingin menulis laporan tentang Amdal/K3, karena tidak
mempunyai karyawan yang kompeten dalam penulisan laporan AMDAL, maka pihak
perusahaan meng-hired staf ahli untuk menulis laporan AMDAL/K3.
Menulis laporan yang baik harus memuat
beberapa kriteria, sehingga laporan yang kita tulis bisa dinilai oleh pembaca.
Bebarapa kriteria Laporan yang baik yang perlu diketahui sebelum menulis
laporan yaitu:
1.
Laporan ditulis secara tepat, jelas, dan dengan bahasa
yang baik dan benar.
2.
Dalam menulis laporan hendaknya disajikan informasi yang
jelas dan diperkuat dengan data dan fakta yang valid.
3.
Mencantumkan referensi/rujukan .
Komponen-Komponen Laporan
Sebagaimana menulis makalah untuk tugas kuliah atau
menulis tugas akhir, menulis laporan harus dimualai dari pendahuluan, isi
laporan, dan diakhiri dengan penutup.
Bagian pendahuluan. Laporan yang ditulis pada bagian
pendahuluan memuat latar belakang dan gambaran umum laporan yang akan
disampakan. Hal-hal yang harus ada pada bagian pendahuluan sebelum Anda menulis
laporan adalah;
-
Jelaskan latar belakang yang relevan dengan permasalahan
dan kemudian Anda paparkan secara jelas
dan mudah dipahami.
-
Identifikasilah permasalahan-permasalahan yang akan Anda
-
Gambarkan betapa pentingnya laporan yang Anda buat
Bagian Isi. Sebelum
menulis laporan pada bagian isi, ketahuilah bahwa bagian isi biasanya memuat metode yang
digunakan, alat dan bahan, data-data autentik, dan bagian kahir dari bagian ini
adalah diskusi pembahasan. Kemukakan secara detail permasalahan yang Anda
laporkan sehingga pembaca laporan sangat mengerti laporan Anda.
Bagian Penutup. Bagian penutup
laporan biasanya berisi kesimpulan dan saran. Pada bagian ini Anda harus dapat
meyakinkan kepada pembaca bahwa laporan yang Anda buat telah lengkap mulai dari
hulu sampai dengan hilir, mulai dari sampai dengan Z. Di bagian saran,
Anda diperkenankan untuk memberikan pendapat atau saran untuk laporan di masa
mendatang guna kesempurnaan laporan.
Selamat menulis
laporan!